Rabu, 06 Januari 2010

Good Planning


Perencanaan sebuah pekerjaan cetak sangat membutuhkan beberapa keputusan, sesederhana apapun pekerjaan tersebut. Apalagi pekerjaan yang kompleks baik desain, printing, maupun finishingnya. Setiap keputusan akan dapat mempengaruhi semua tahapan produksi dari awal hingga finishing. Pemahaman tersebut membantu anda dalam memprediksi bagaimana mengarahkan pada biaya yang lebih rendah dan juga ketergantungan jadwal. Perencanaan yang teliti dan hati-hati serta komunikasi yang baik antara anda dengan kami akan sangat membantu dan mengontrol efektivitas, kualitas, jadwal dan harga suatu produksi cetak serta menghindari timbulnya masalah dan terlebih-lebih biaya produksi yang membengkak.

What your Vision & Mision?
Perusahaan anda dalam membuat suatu cetak “produk cetak” mungkin ingin menginformasikan, menjual, menginspirasikan atau mengentertain customer atau memperbanyak jumlah customer. Dengan mengetahui tujuan eksplisit produk cetak tersebut dan membuat target yang lebih spesifik, akan mengarahkan anda dalam menjawab tentang konsep desain, kualitas dan harga. Seperti kemarin saya mencetak brosur sebuah perusahaan yang lagi mempromosikan beberapa program kepada pelanggannya. Cukup menarik, membuat saya tetap menyimpan brosur tersebut karena kalender mininya, meskipun belum tentu saya mengambil program yang ditawarkan tersebut.

Who your “audience”?

Apakah anda ingin menjakau customer atau orang-orang yang sudah mengenal produk anda atau belum?Apakah pembaca nanti perempuan, laki-laki atau siapa saja?Apakah mereka anak muda?Orang dewasa atau orang tua diatas 40 tahun. Target pembaca anda akan mempengaruhi berbagai option dalam pembuatan desain. Desain poster konser music reggae pasti akan berbeda dengan poster seminar akademis, yak an? Selain itu bagaimana membuat produk cetak anda tersebut awet, warna tetap menarik meskipun dibawah lampu yang agak remang-remang, tekstur kertas yang enak saat dipegang, penjilidan yang tidak mudah sobek dan sebagainya.